11.27.2006

sondokoro


numpak sepur klutuk ( naik sepur klutuk )
wiwit bangun esuk. ( mulai dari pagi )
nganti tekan sore, ( sampai sore hari)
durung tekan nggone....( belum sampai tempatnya/ tujuan)


Dengan mendendangkan lagu itu, akhirnya kereta tebu ini berangkat. Lha emang baru pertamakali naik keret api? Kalo naik keret api sih biasa. Wong kebetulan rumah bapakku deket Stasiun Purwosari. Dari jaman aku kecil masih dulu sering banget aku naik gerbong yang sedang langsir. Dan pas kuliah kemaren, kalo pulang hampir selalu naik kereta api. tapi kalo naik kereta yang biasa mengangkut tebu sih baru kali ini. dulu pas jaman kecil sebenernya udah berinteraksi dengan kereta pengangkut tebu ( lori ). Tapi bukan untuk naik melainkan untuk mengmbil tebu2 yang diangkut oleh lori tersebut. Dan bila ketahuan oleh mandornya, siap2 menerima hadiah pelor dari kapur yang mengakibatkan kulit menjadi gosong. Lha kok nggladrah sampe cerita masa kecil sih?

Sik mbalik ke cerita naik lori. kemaren hari minggu 26 November 2006, aku diajak bapak ibuk plus Oom dan keponakanku ke pabrik gula tasikmadu. Letaknya kira2 6 kilometer ( ah sekitar itulah wong nggak bawa meteran) di sebelah timur Kota Solo. Jujur saja setelah lebih dari 20 tahun hidup, baru kali ini aku bener2 masuk ke dalam sebuah pabrik gula. Biasanya sih hanya melihat dari luar kalo lewat dan selalu kagum dengan cerobong asapnya yang berwarna merah putih. Pabrik ini dimiliki oleh kraton Mangkunegaran dan masih beroperasi. Kemudian oleh pengelolanya dikembngkan menjadi sebuah obyek wisata yang dikenl dengan nama Agrowisata Sondokoro. Bangunan tua bekas peninggalan Belanda, yang digunakan sebagai rumah dinas segera menyambut kami begitu memauki lokasi pabrik. halamannya sangat luas dan dihiasi dengan pohon2 tinggi sebagai penyejuk. selain bangunan peninggaln belanda dan pabrik gula itu sendiri, didalam obyek wisata ini tedapat restoran lesehan serta kolam renang.

Yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung adalah perjalanan menggunakan Lori. Lokomotif yang digunakan untuk menarik gerbongnya masih menggunakan lokomotif uap. Kayu bakar masih digunakan untuk memanaskan air dalam ketel uapnya. dan gerbong yang ditarik oleh lokomotif uap tersebut adalah gerbong yang udah dimodifikasi. jadi bukan lori yang terbuka yang biasa digunakan untuk mengangkut tebu. Rute perjalanan kereta ini adalah mengelilingi pabrik sampai ke lokasi perkebunan tebu. namun sayang kemarin sudah melewati musim giling. jadi tebu-tebunya sudah nggak ada, hanya tinggal tanah kosong tanpa tanaman tebu. Jadi dengan duit 3000 rupiah kita sudah bisa puas menikmati perjalanan mengelilingi pabrik gula ini.

Hanya saja masih ada yang patut diperhatikan dalam pengelolaan obyek wisata ini. yang pertama, tidak ada pemandu yang menjelaskan tentang obyek wisata ini. Selain itu, nggak ada booklet atau brosur yang menjelaskan sejarah pabrik gula ini. Dan ada hal menarik yang gak ada disini, yaitu proses pengolahan tebu menjadi gula. Kalau ada dijamin, pasti obyek wisata ini bia menjadoi tempat yang lebih rekreatif dan edukatif. Yah aku sih bisa maklum wong obyek ini masih relatif baru. jadi wajar kalau pengelolaannya masih kurang di sana-sini

11.25.2006

behind the bike story

aku menghilang? miss me? i bet you are! ( ah sok pede...) yah beginilah nasib jadi manusia tanpa pekerjaan. ga sempat online. asli banyak banget kegiatan yang aku lakukan di solo selain wisata boga, mengunjungi sanak kerabat dan temen2 lama.

selain itu aku juga maen ke bengkel Oomku di daerah kestlan solo. lho balung maen ke bengkel? yup kegiatan yang udah lama banget aku tinggalkan semenjak aku pindah ke surabaya. apa yang aku kerjakan di bengkel? yah mulai dari mengelas dan bongkar mesin. ( cuman bogkar ga ikutan masang ). proyek kemaren yang aku kerjin adalah mengubah sebuh honda CB 100 milik sodara sepupuku menjadi sebuah motor trail. lama pengerjaan sekitar 2 minggu.

pada awal2 pengerjan kami menurunkan mesin trus memotong rangka sepeda motor. prosesnya ga terlalu lama wong sudah tahu bagian mana ajah yang mau dipotong. yang bikin rada ribet adalah proses mengubah supensi asli menjadi suspensi monoshock. setelah disambi becanda dan ribuan pisuhan akhirnya kami mengadopsi suspensi milik suzuki satria. swing arm dipasang, trus bikin dudukan shockbreaker. masalah baru mincul. lha supensuinya kok nggak mau mentul. setelah mendapat wangsit dari yang mana saja, akhirnya bagian bawah dibikin unitrack mirip punya kawasaki AR 125 ( kebetulan dulu pas aku SMU ku punya jadi masih rada apal). suspensi belakang beres, suspensi depan langsung memakai milik suzuki TS. beres. motor bisa mendut2 seperti yang diharapkan.

setelah masalah rangka beres, akhirnya mulai mengerjakan body. si Chandra ( yg punya sepeda motor ) memilih body Honda XR. aku oke-oke saja wong aku gak melok duwe motor. setelah pas dipasang di rangka dengan sedikit rasa nasionalisme timbul, kami mengecat dengan cat siekens warna putih dan merah. pas ngecat aku rada sedikit teler gara2 menghirup uap thinner ( guys don't try this at home! ). cat beres.
setelah cat beres kami mulai melirik mesin. karena silinder lama udah sangat bulukan dan nggak layak pake akhirnya dipake silinder dan rumahnya milik honda tiger. gak banyk beda sih dengan punya honda CB. hanya ukurannya yang beda. mesin terpasang.
pada hari jum'at tanggal 17 november aku mengalami kecelakaan. sepeda motorku ditubruk oleh seorang anak kecil yang mengebut di perempatan deket TK pembina solo. aku gulung koming ga karuan dengan tubuh babak bundhas. anak kecil yang menabrakku akhirnya dihajar oleh orang2 disana dan entah bagaimana nasibnya. bajigur sumur! aku kok gak diajak ikut menghajar to yooo? aku mendapatkan 8 jahitan di lengan. terpaksa istirahat selama 5 hari. sorry foens & mbak ken aku ga bisa jagong. have a nice marriage yoo

setelah istirahat cukup, kami mulai lagi merangkai kabel2 dan elektronik. berhubung pas pelajaran masalah kelistrikan aku gak masuk jadi aku ga ikut2an. masalah timbul. ternyata kami lupa menaruh koil. setelah saling berpandang2an sejenak dan tanpa sepengetahuan Oomku akhirnya kami menyikat sebuah koil milik VW kodok 1303 yang tergeletak di deket rak. tes 123 motor menyala. kami bersorak kegirangan. akhirnya dengan perjuangan penuh darah dan keringat serta sedikit kelicikan kami berhasil membangkitkan motor dari kepunahan.


ini gambar motornya setelah jadi

11.05.2006

the road trip

hm... terlalu lama di rumah membuatku bodoh. maka akhirnya aku memutuskan untuk jalan2 minggu kemaren. asline gak jalan2 seh, cuman ngambil barang2 dari kos trus dibawa balik ke solo.

jadi ceritanya, hari senin tgl 30 aku minjem mobil bapak buat aku culik ke surabaya.
gak jalan sendirian seh, ama temennya Oom. berangkat dari Solo jam 8 pagi, udah rada kesiangan. trus di daerah ngawi mampir sarapan di warung Mbah Wo. well aku shock karena makan + minum 2 porsi dengan lauk ayam plus krupuk dll cuman habis Rp. 9000,00. lah kok masih bisa murah yah? trus perjalanan dilanjutkan lagi.

sekitar jam 2 siang nyampe di Surabaya. udara hari itu cukup panas. sebelum sampe di kos makan dulu di kedai kincir spesial ikan wader. trus ke kos.
sampai di kos barang2 yang dari sebelum mudik udah aku pack, aku masukin ke mobil. proses mindahin barang menghabiskan sekitar 1 jam. lha wong hampir seisi kamar aku masukin mobil.:D setelah packing selesai aku akhirnya menyerahkan kunci kamar kepada ibu kos. yup this is ist. finally i'm leaving my lovely room.
setelah dari kos kami menuju kantor telkom margoyoso untuk ketemuan ama foens. aku nitip motorku ke dia agar bisa dipaketkan, coz kantor paketnya masih tutup.
setelah motor aku paketkan, aku mampir dulu ke kampus, ketemu ama Pak Mansyur, penjaga parkiran motor yang selalu ngasih aku motivasi untuk menyelesaikan sekolah ( thanks man!). setelah menghabiskan 2 botol teh botol akhirnya aku bener2 meninggalkan surabaya.

perjalanan balik ke solo berlangsung cukup lambat. coz entah kenapa lalu lintas cukup macet dan dtambah lagi kondisi kaca mobil yang burem. jadi mobil ga bisa dipacu kenceng2. di perjalanan pulang mampir 2 kali. yang pertama buat ngopi dan sedikit membersihkan kaca mobil. trus di daerah mantingan buat makan malem. ( makan masih murah, ga sampe 10 ribu).

well that's it. the road trip story
oh iya maaf buat temen2 yang nggak sempat aku pamitin. mungkin februari 2007 aku bakalan comeback ke surabaya.