10.19.2005

Karena hidup itu pilihan

"Dam aku dah gak kuat!pokoknya aku udah bener-bener stuck!!!"lah dalah kok masih jam 6 tadi pagi dapet sms seperti itu ya? tak baca lagi ternyata dari temenku SMU (lah ga mungkin arek cangkrukan sms dengan diawali kata "DAM")dan aku masih ngiler dan rada kriyip-kriyip dan setengah sadar mana badan pegel-pegel semua gara2 sepurlga (jangkrik sepur bisnis rasa ekonomi).
yah terus smsnya tak bales "gak kuat kenapa?"... eh lah kok terus beberapa SMS datang bertubi2. sampe aku bingung mulai baca darimana. singkat cerita... temenku curhat gara2 ada masalah dengan suaminya. dia cerita kalo udah bener-bener jenuh dengan suaminya. lah wong sudah punya anak 1 tapi belom punya penghasilan yang dapat diandalkan. sebenernya suaminya punya keterampilan tapi ga digunakan. lah terus yang nanggung biaya buat anaknya siapa? wong duit buat makan masih minta ama bapaknya temenku. weleh... aku dewe ya asline rada mumet baca SMS dari temenku. wong sekarang aja masih rada hang gara2 2,5 tahun pacaran buyar.
tapi setelah aku pikir2 sambil dengerin langgam, ngopi dan rokokan, sakjane itu kan masalah pilihan urip toh. yang dulu pacaran siapa? trus nikah pas kuliah dulu ya siapa? wong sudah memutuskan kok sekarang sambat. apa dulu pas pacaran nggak ngobrol tentang acara setelah nikah? apa nggak berusaha mengenali karakter pasangan? jangan-jangan pacaran cuman buat mengenali alat kelamin doang? ojok ojok pas pacaran wingi ming test drive?begitu cocok langsung budhal...=))
mbalik lagi ke soal pilihan. kalo sudah memutuskan dan tiba2 nyadar kalo pilihannya salah apa ya terus menyesal seumur hidup? apa terus mutung dan bunuh diri? apa ya nggak bisa belajar? ya kalo menurut penataran P4 yang aku dapatkan jaman dulu, itu semua kembali ke pribadi masing-masing. sedangkan menurutku ya dijalani saja, ndak usah menyesal, yang sudah-ya sudah. karena hidupku itu seperti sekerangjang duku Palembang, kadang dapet yang manis, tapi sering dapet yang asem.

1 comment:

Keluarga Zulkarnain said...

Hidup itu adalah memilih sebuah pilihan kan?

:-)