9.17.2006

wisuda itu....

me and my sisters, this morning
( fake smile mode on)



.... sebuah seremoni penuh kesia-sian. Sebuah pemborosan. Terus terang saya menyesal tadi pagi harus berdesakan bersama sekitar 1000 orang yang sebagian gak saya kenal, terperangkap dalam sebuah ruangan luas namun pengap. Menanti nama saya dipanggil untuk kemudian berfoto sambil bersalaman dengan Pak Dekan dan Pak Rektor.
Selain terlalu lama menunggu, pengap dan suasana yang nggak sakral, acaranya terlalu membosankan dan yang paling parah adalah tidak tersedianya nasi dalam kotak konsumsi. Waaah.. Bayar 400 rebu mosok gak dapet nasi seh? tiwas budhal gak sarapan rek..( rektor *red*).

Sekali lagi ini adalah sebuah kesia-siaan. hanya untuk mendengarkan lagu2 dari paduan suara yang lagunya gak terlalu jelas untuk didengarkan, serta suara mereka yang cenderung sumbang. Aku heran melihat orang-orang yang antusias untuk berfoto bersama keluarga, pacar bahkan selingkuhan, dengan baju hitam, bau, berat, kedodoran bersama topi aneh di kepala.

Sebuah pertannyaan iseng yang terlintas di kepala, dan kemudian disusul dengan beberapa pertanyaan yang lain. Apakah foto-foto yang diambil tadi pagi bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak? Apakah baju hitam, bau, berat, kedodoran bersama topi aneh di kepala itu menunjukkan bahwa saya bersama wisudawan yang lain bener-bener mampu, memiliki kompetensi dan berkualitas? mampukah kami, yang baju hitam, bau, berat, kedodoran bersama topi aneh di kepala ini mampu mendapatkan pekerjaan yang layak? mampukah kami, yang baju hitam, bau, berat, kedodoran bersama topi aneh di kepala ini mengamalkan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliah bagi masyarakat?

Sebuah pertanyaan terakhir, Sebagai sebuah institusi pendidikan, kenapa sih harus menunjukkan budaya foya-foya dengan mengadakan acara yang manfaatnya gak dirasakan secara luas oleh masyarakat? apakah nggak sebaiknya kegiatan ini dihentikan saja dan diganti kegiatan yang lebih praktis dan bermanfaat?
Yang jelas, saya merasa duit yang saya bayarkan untuk mengikuti acara aneh tadi pagi itu sia-sia. Saya terpaksa membayar agar bisa segera keluar dari kampus ini. sudah terlalu lama. saya sempat berpikir, duit yang terkumpul dari 1000 orang wisudawan digunakan untuk kegiatan lain yang lebih riil, seperti menguruni spp atau semacam beasiswa bagi para calon-calon mahasiswa yang kurang beruntung, sebagai modal usaha untuk orang-orang yang bener-bener butuh modal usaha. atau yang paling gampang di sumbangkan ke panti asuhan.

Hmmm... sudah terlalu malam, dan sudah terlalu lelah aku berpikir untuk hari ini. Untuk teman-teman yang kemarin serta hari ini diwisuda, saya ucapkan selamat. Satu sekolah sudah diselesaikan, dan besok kita akan menghadapi sekolah yang lebih keras, lebih pedih, lebih licik dan tanpa akhir.... good luck to you all guys!
( saya belom tentu selamat dalam sekolah kehidupan, jadi gak perlu mengucapkan selamat kepada saya )

29 comments:

Rho Mayda said...

semoga bisa dinikmati. dinikmati sendiri, dinikmati bareng-bareng ^^
ok ok ok?!
paling nggak, sudah selangkah lebih dekat. saya baru mulai ^_^'

devie said...

jenengku ra disebut! :P

[aku lagi mulai lik, peyan wes lulus]

-FM- said...

alhamdulillah balung wis wisuda-an. selamet ya lung. meskipun nggak mau diselameti soal the next sekolah, ya nggak papa, aku ucapin juga lah selamat menempuh urip yg sebenernya.

ayo tho sing optimis. tak tunggu kabar-kabar selanjutnya ya lung. :D

aditya said...

Bagaimana pun juga saya tetap mengucapkan SELAMAT MENEMPUH HIDUP berat, memasuki dunia yg semakin penat. Hehe.., keto'e kok desperate bgt yo? aku jane wingi pengen melu, wis suwe ra nang Surabaya rek, tapi malah mba' Fifi wis pesen tiket disik. Yo wis, ga' sido.

ntan said...

owalaaah...
kowe wis wisuda tho, Lung..

welcome to the jungle, man!!
and join us in the jobless world
huahahahahhaa...
*halah*

mil said...

woooooooooooo
lulusaaannnnnnnnnnn
gak mau kalo cuma rujak.
pizza hut minimal!
hahahaahahhaa.. nek kocomotoan koe ketok rodo intelek sithik. hahahahahaha!

selamat, kawan!
sama, wisuda itu dulu membuat saya bersitegang sama ortu. hehehehe..

TaTa Handono said...

LUNG congrats yah wat wisudanya akhirnya jadi sarjana jugak hihihi

bebex said...

mampukah kami, yang baju hitam, bau, berat, kedodoran bersama topi aneh di kepala ini...

brati loe lagi itu baunya kaya gimana lung? wakakak...
inget yee,,,bex ga ngucapin selamat :P

alarix said...

yo wis nek gak perlu ngucapin selamat, gak sido wis :p

Sisca said...

Tetap harus diselamtin ya mas...minimal sdh melewati satu fase kehidupan yg manis :)

Dan selamat menempuh hidup yg sebenar2nya heheheh

dodY said...

doakan aku segera menyusul, pak! eniwe.. selamat!!!

wesy'cici' said...

masa' gak da acara makan2 nya lung??? kan mumpung aq masih di surabaya. hehehe :D

danans said...

yow.. balung my brow.. relax man.. gada yg mudah emang. tp tetep km pasti bisa... pasti kesempatan itu datang. klo ga dtg brarti ya gak mampir. ya mungkin macet ato ban nya bocor di jln. maka dari itu sms dulu jadi lebih asoy.. halah..*kaburrrrrrrrrrrr yieehhh!!!

andung said...

enaaaaaaaaak........
sugeng...

unwinged said...

woloooo.....
wis wisudaaaa.....
sip sip.

semoga berguna bagi bangsa dan negara hehehehe

she confessed said...

kalo negara kaya mah bisa deh uang wisuda yang lo sumbang dijadikan amal..lah ini..hehehehe.. nice blog btw, kunjungan perdana. and congratz on your graduation.

Giel said...

Selamat Mas balung! kapan makan2nya? ditunggu undangannya ya...

maya said...

congrats ya lung..moga cepet dapet gawe dan bikin ortu bangga dan bahagia :)

lavender said...

selamet dah ngerasain pake baju kedodoran... (bajune all size soale)
en bau karena baju keramat *gak boleh dicuci...huahuahua

sefawkes said...

maap le..bukan maksud ku untuk ra sering mamper, maklum sambil jogo warnet soale :D
melu ngucapke selamet yoo le...welcome to the real jungle of life :D wuih ngomong opo kui...pokoke selamet...semoga apa2 yg dicitak2no dapet segera dicapai...ojo lali pesenanku...(lho, wis lali tho ?!)

kana said...

percaya gak percaya, waktu gw mo wisudaan, kita dipintain duit iuran bwt makan2 di fakultas sebesar 100rebu. trus H-1 wisuda, sebagian besar wisudawan dari fakultas gw gak pada mo bayar. akhirnya ada yg pengecut minta bantuan pembantu dekan (PD).. *berapa gw lupa* trus itu PD ngancem bakal mempersulit penerbitan ijazah bagi yg gak bayar. hasilnya? ya terpaksa bayar! daripada ijazah gak terbit?! padahal kita kan sudah empot2an 4taun *bahkan ada yg lebih* mberesin kuliah disituh!

kana said...

oya, lali aq. selamat jadi sarjana yo Lung! :D

jenengku denny said...

whaaaaa dadi sarjana saiki...bersiaplah terjun di kerasnya dunia pekerjaan lik...whueeee..hhuueeee

Bverly said...

Lung, lulus kuliah artinya kan pengangguran kan ya??wakakakaa

MnX said...

mana? katanya fotonya ganteng?

hehehe...

*kabur sebelum ditimpuk balung*

may said...

waahhh...staf BAU dan BAAK pasti lega... karena tahun depan gak ketemu kamu lagi.. hahaha... :))

vi3 said...

selamat..selamad.. selamad..

NdaH said...

wah om sarjana ...
slamat slamat....
slamat menambah daftar pencari kerja huehuehue

kopiholic said...

slamet slamet...sori baru tau
telat banget akuuu...