1.15.2006

Mbah Kung (part I )

Kalo memasuki bulan Dzulhijah seperti saat ini, kok aku jadi inget sama Mbah Kung, kakek dari bapakku. beliau sudah wafat sekitar 10 tahun yang lalu. beliau itu sangat deket dengan bapakku. wong kalo eyel-eyelan masalah keluarga, bapakku mesti yang paling sering diajak ngobrol dan bertukar pendapat diantara anak-anaknya ( bapakku anak ke 4 dari 13 anaknya opo 14 yoh aku dewe sampe lali), yang jelas Mbah Putri dari mbah Kung ada dua). usia beliau saat wafat sekitar 90 berapa geetu, wong beliau ya ndak punya akte kelahiran.
Mbah Kung meskipun ndak begitu royal soal sangu, menurutku merupakan sosok yang "COOL", punya apresiasi yang sib dalam hal masak memasak. dalam memilih tempat / warung makan beliau dapat diandalkan. sampe warung kecil yang di pelosok jatisrono, ngadirojo dan mbuh dimana lagi beliau tahu. mana yang Syib, mana yang tidak. Bapakku bilang mbahku itu TOP kalo bikin sambel bajak. dan yang aku alami sendiri adalah, beliau bener-bener seorang TOP CHeF kalo bikin soto Ayam dan membumboni Sate. baik sate ayam atau sate kambing, serta takaran beliau dalam mencampur serta membuat teh ( rasa sepet, manis dan viskositas dari teh) tidak bisa dilupakan. dijamin, nasi sak dandang bisa abis kalo diserbu ma cucu-cucunya. Nampaknya selera makan enak inilah yang bener-bener menurun ke anak-anaknya, dan sebagian cucu + cicitnya. tapi kemampuan memasak enak ini kok sepertinya hanya mengalir ke anak-anak perempuannya saja ya.
semasa hidup, beliau tuh ndak pernah meninggalkan kebiasaan merokok. kalo ndak djie sam su, ya melinting tembakau Warning yang memiliki kemasan warna hitam dengan label warna biru tua di depan ama belakang dengan dengan Kertas papir kacamata. ( kertas papir ini tipiis dan tidak seperti papir drum atau mars brand, papir kacamata ini dilipat melintang, jadi melintingnya rada ribet. pernah tak cobak waktu SMU bereksperimen dengan dedaunan berjari 5 ato 7 dan berbunga ungu, kalo ndak biasa jadi gampang tumpah. pliis dont try this at home!!! bikin laper, tenggorokan kering dan kurus.) kalo diingatkan soal bahaya merokok, beliau selalu menjawab "wedhus ora ngrokok wee yo isok watuk kok" artinya kambing saja bisa batuk meskipun tidak merokok. wah asli mesti yang mengingatkan beliau pada diem, speachless. mungkin karena kalah awu dibandingkan dengan Mbah Kakung-ku. sampai saat ini hampir semua anak + cucunya ikutan merokok, dan alesan ga mau berhenti ya mencontoh alasan milik Mbah Kakungku. Bapakku beberapa tahun lalu udah ndak merokok, itu gara-gara Mamaku. Wong Mamaku sampai saat ini masih menggrundel kalo aku pulang dengan sedikit aroma asap rokok (mbuh kok bisaa yah?). mesti bilang "wooo ina inu ina inu dsb.... dsb...." ( hanya aku dan mamaku yang boleh tahu )
Soal dolan dan jalan-jalan,memang merupakan kebiasaan dari mudanya. wong miturut sejarahnya, Mbahku itu suka nyantrik ke Kyai-Kyai top di jamannya. dan sepertinya kebiasaan suka jalan-jalan inilah yang bikin wawasan kuliner beliau luas. wong beliau itu bener-bener suka dolan. mampir ke sodara, temen jaman 45 dan embuh kemana lagi. dengan peci hitam, Sarung batik, jas Warna coklat tua atau warna gelap, jam bandul dari perak serta tongkat. kalo di Solo pasti dia naik becak Pak Min, langganannya. Tapi Mbah Kung Tuh Kalo pergi jarang pamit.
Suatu ketika pas musim sekaten, Mbah Kung dateng ke sana. kebetulan ada tobong kethoprak. namanya juga tobong, jadi kalo nonton ya mesti mbayar. Mbuh dapet ide darimana kok pas didepan loket saat diminta untuk membayar tiket masuk Mbahku bilang ke penjaga loket, "Pak Kidul niku kantor pemadam kebakaran nggih" ( Mbahku emang datang dari arah selatan, dan kebetulan di sebelah selatan itu memang merupakan kantor pemadam kebakaran ). eh kok malah Mbahku disuruh langsung masuk.
Pas bercerita kepadaku Mbahku tuh aslinya cuman mau ngasih tau yang jaga loket kalo di sebelah selatan tobong itu kantor pemadam kebakaran. mbahku ndak bilang kalo beliau anggota pemadam kebakaran atau apa.
sampai sekarang kalo inget cerita atau ngobrol tentang tobong itu dengan Chandra (sesama cucu Mbah Kung yang tersesat, tapi dia lebih Rock And Roll timbang aku, wong Kuliahnya di Seni Rupa) aku mesti kukur-kukur kepala sambil mikir, "iki sing goblog sing jogo loket tah Mbahku ancene sekti yoh?". nanging jujur saja bahan diskusi yang tetep hongat kie yo pas Mbahkung Hilang.
sik sepertinya ceritanya bersambung

2 comments:

Anonymous said...

hihihi...mbah sing kewl !!!

Anonymous said...

Asik kaya'nya ya jadi embah kakung. Jadi idola cucu-cucunya :)